11 Manfaat Kismis

11 Manfaat Kismis

Baca juga info : kursus bahasa inggris

Manfaat kesehatan kismis meliputi mengobati sembelit, asidosis, anemia, demam, dan disfungsi seksual. Mereka juga telah dikenal membantu kenaikan berat badan dengan cara yang sehat, juga untuk dampak positifnya pada kesehatan mata, perawatan gigi, dan kualitas tulang.

Apa itu Kismis?

Kismis diperoleh dengan mengeringkan anggur, baik di bawah sinar matahari atau di pengering, yang mengubah buah anggur menjadi permata emas, hijau atau hitam. Makanan lezat ini adalah favorit semua orang, terutama anak-anak. Mereka banyak digunakan dalam memasak budaya di seluruh dunia (terutama di makanan pencuci mulut) dan juga ditambahkan ke minuman kesehatan, makanan ringan, dan suplemen makanan berenergi tinggi untuk pendaki gunung, backpacker, dan berkemah.

Manfaat Kesehatan Kismis

Bila nilai gizi dan manfaat kesehatan dari kismis dipertimbangkan, "permata" adalah nama yang tepat untuk mereka. Mari kita lihat bagaimana mereka membantu tubuh kita;
Baca juga info : info kursus bahasa inggris

  • Meringankan Sembelit

Saat tertelan, kismis membengkak karena serat yang ada di dalamnya menyusut dalam bentuk kering, namun mulai membengkak karena cairan alami. Ini menambahkan makanan ke makanan yang bergerak melalui saluran usus dan pada akhirnya membantu menghilangkan rasa sakit dari sembelit. Jenis serat dalam kismis dianggap serat yang tidak larut karena dibutuhkan dalam air dan menghasilkan volume dengan cara itu. Selain mengurangi sembelit, mereka juga dapat membantu menghentikan tinja yang longgar, sekali lagi dengan menyerap cairan dan mengurangi frekuensi dan tidak dapat diprediksinya diare.

  • Promosikan Berat Badan

Kismis, seperti semua buah kering, merupakan alat yang sangat baik untuk mendapatkan berat badan dengan cara yang sehat karena mengandung fruktosa dan glukosa dan mengandung banyak energi potensial. Mereka membentuk bagian ideal dari diet bagi atlet atau binaragawan yang membutuhkan dorongan energi yang kuat, atau bagi mereka yang ingin menambah berat badan tanpa mengumpulkan jumlah kolesterol tidak sehat. Peran mereka sebagai tambahan diet adalah karena vitamin, asam amino, dan mineral, seperti selenium dan fosfor, yang memudahkan penyerapan nutrisi dan protein lain dalam tubuh. Kismis juga merangsang penyerapan protein, vitamin, dan nutrisi lain yang efisien dari makanan, yang meningkatkan kekuatan energi dan kekuatan sistem kekebalan Anda secara keseluruhan.
  • Mencegah Kanker

Kismis memiliki kadar katekin tinggi, yang merupakan antioksidan polifenol yang ada di dalam darah. Antioksidan menggerogoti radikal bebas yang mengambang di tubuh dan menimbulkan malapetaka pada sistem organ dan sel. Radikal bebas adalah salah satu faktor utama dan mendasar yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker secara spontan, serta zat yang dapat memacu metastasis. Oleh karena itu, dengan memasukkan kismis dalam makanan Anda dan meningkatkan tingkat antioksidan kuat ini di sistem Anda, Anda dapat mencegah kanker, atau memperlambat kemajuannya jika Anda telah mengembangkannya.

  • Kurangi Hipertensi

Selama bertahun-tahun, beberapa orang percaya bahwa kismis memiliki kekuatan untuk mengurangi tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung, namun baru belakangan ini para ahli memulai studi intensif mengenai klaim ini. Temuan, meski masih belum pasti mengenai bagaimana kismis mengurangi tekanan darah, ternyata menunjukkan korelasi positif antara berkurangnya hipertensi dan konsumsi kismis. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya bermanfaat, namun para ahli percaya bahwa ini adalah tingkat potasium yang tinggi yang membantu. Kalium adalah cara yang diteliti dengan baik untuk mengurangi ketegangan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, dan serat makanan dalam kismis juga dianggap mempengaruhi biokimia pembuluh darah dan mengurangi kekakuannya, yang pada gilirannya mengurangi hipertensi.

  • Kontrol Diabetes

Dalam sejumlah penelitian, kismis telah terbukti menurunkan respons insulin postprandial, yang berarti mereka dapat menstabilkan lonjakan atau penurunan insulin setelah makan yang dapat membahayakan pasien diabetes. Mereka juga membantu mengatur pelepasan leptin dan ghrelin, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk memberi tahu tubuh saat lapar atau kenyang. Dengan tetap memeriksa hormon ini, orang yang makan kismis dapat meningkatkan peluang mereka untuk mempertahankan pola makan yang sehat dan mencegah makan berlebihan.

  • Perlakukan Anemia

Kismis mengandung sejumlah zat besi yang secara langsung membantu dalam pengobatan anemia. Ini juga mengandung banyak anggota vitamin B kompleks yang penting untuk pembentukan darah baru. Kandungan tembaga tinggi dalam kismis juga membantu terbentuknya sel darah merah.

  • Cure Fever

Fitonutrien fenolik, yang terkenal dengan khasiat kuman, antibiotik, dan antioksidannya, hadir dengan berlimpah dalam kismis dan dapat membantu penyembuhan demam dengan melawan infeksi virus dan bakteri.

  • Perawatan mata

Kismis mengandung fitonutrien polifenolik, yang memiliki sifat antioksidan. Fitonutrien ini sangat baik untuk kesehatan mata, karena melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (oksidan), berupa degenerasi makula, pelemahan penglihatan, dan katarak terkait usia. Selain kualitas antioksidannya, kismis mengandung sejumlah besar vitamin A, beta-karoten, dan karotenoid, yang kesemuanya penting untuk kesehatan mata yang baik.

  • Mencegah Asidosis

Asidosis adalah keadaan meningkatnya keasaman darah (juga dikenal sebagai toksisitas darah) atau gas dalam sistem pernafasan kita. Keasaman meningkat ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti bisul, penyakit kulit, kerusakan pada organ dalam, radang sendi, asam urat, kalkuli ginjal, rambut rontok, penyakit jantung, tumor, dan bahkan kanker. Kismis adalah sumber potasium dan magnesium yang baik, yang merupakan dua komponen antasida yang paling umum karena dianggap berdasarkan skala pH.

  • Perlakukan Disfungsi Seksual

Kismis sudah lama dikenal untuk merangsang libido dan menginduksi gairah, terutama karena adanya asam amino yang disebut arginine, yang bermanfaat dalam mengobati disfungsi ereksi. Arginine juga meningkatkan tingkat motilitas sperma, yang dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan saat melakukan hubungan seksual. Ini adalah praktik umum di India untuk membuat pengantin wanita dan pengantin laki-laki minum segelas susu masing-masing, direbus dengan kismis dan sejumput kunyit pada malam pernikahan mereka. Hal ini juga dianjurkan bagi mereka yang menderita masalah daya tahan seksual untuk mengkonsumsi kismis secara teratur.

  • Promosikan Kesehatan Tulang

Kalsium, unsur utama tulang kita, hadir dalam kismis, dan buah kering ini adalah salah satu sumber terbaik boron, mikronutrien. Bagi Anda yang belum tahu, zat gizi mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sangat kecil dibandingkan dengan nutrisi lain yang harus dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang signifikan. Boron sangat penting untuk pembentukan tulang yang tepat dan penyerapan kalsium yang efisien. Hal ini sangat membantu dalam mencegah osteoporosis yang disebabkan oleh menopause pada wanita dan sangat bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kalium adalah nutrisi penting lainnya yang ditemukan pada tingkat tinggi dalam kismis yang dapat membantu memperkuat tulang dan mendorong pertumbuhan tulang, sehingga mengurangi kemungkinan osteoporosis.

  • Perawatan gigi

Asam oleanolic, salah satu fitokimia yang ada dalam kismis, memainkan peran penting dalam melindungi gigi Anda dari kerusakan gigi, rongga, dan kerapuhan gigi. Ini secara efektif mencegah pertumbuhan Streptococcus Mutans dan Porphyromonas Gingivalis, dua dari spesies bakteri yang paling bertanggung jawab atas gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Selain itu, kaya akan kalsium, yang bagus untuk mempromosikan kesehatan gigi, karena mencegah pemecahan atau pengupasan gigi dan enamel saat membuatnya menjadi lebih kuat.
Baca juga info : daftar kursus inggris pare

Aneh rasanya, saat mengonsumsi kismis, semakin lama menempel pada gigi Anda, semakin baik, karena ini memastikan kontak asam oleanolic dengan gigi meningkat, meningkatkan kekuatan pencegahan pertumbuhan bakteri. Selain perannya dalam perawatan kesehatan tulang dan osteoporosis, boron yang hadir dalam kismis memainkan peran yang sangat penting dalam mengendalikan pertumbuhan kuman oral serta dalam mempromosikan gigi yang kuat.

Manfaat Lain

Serat dalam kismis membantu meningkatkan ekskresi empedu dari tubuh, dan ini merangsang pembakaran kolesterol, sehingga meningkatkan kesehatan jantung yang baik. Selanjutnya, jumlah serat di dalamnya membantu menyapu racun dan bahan berbahaya di saluran pencernaan. Ini bisa melindungi orang dari penyakit usus dan pertumbuhan bakteri.

Word of Caution: Ada beberapa faktor risiko konsumsi kismis yang berlebihan. Kismis cukup tinggi kalori, yang bisa menambah berat badan dengan cepat jika Anda tidak hati-hati. Kismis juga memiliki kadar trigliserida tinggi karena kandungan fruktosa tinggi (trigliserida adalah produk sampingan dari metabolisme tubuh fruktosa). Trigliserida tingkat tinggi dapat meningkatkan peluang Anda terkena diabetes, penyakit jantung koroner, dan kanker hati berlemak. Jika Anda memiliki faktor risiko lainnya, maka hati-hati dan jangan terlalu banyak menambahkan kismis pada makanan Anda.
Baca juga info : Info kampung inggris pare

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program di Kampung Inggris Pare

Belajar di A.S Adalah Investasi Pribadi

Taman Membaca Sekitar Kampung Inggris Pare Kediri