Adab Berpakaian

Adab Berpakaian

Baca juga info : kursus bahasa inggris

1. Dari al-Ghazali di al-Ihya ': Nabi Suci (S) biasa mengenakan apapun yang ada di tangan, dari bungkus pinggang atau jubah, baju panjang atau gaun bagian atas dengan lengan baju atau pakaian lainnya, dan dia biasa mengagumi pakaian hijau. Sebagian besar bajunya berwarna putih dan dia akan berkata: "Luangkan hidupmu dan koceklah orang-orangmu yang mati dengan itu." Dia mengenakan tunik berlapis untuk pertempuran dan acara lainnya.

Dia (S) memiliki tunik brokat sutra halus yang kadang dia kenakan dan warnanya yang hijau kontras indah dengan corak putihnya. Semua pakaiannya terselip di atas pergelangan kakinya dan bungkus pinggangnya berada di atas ini, mencapai bagian tengah sumsumnya. Kemeja panjangnya diikat dengan kancing, yang kadang-kadang dilepas saat sholat dan pada kesempatan lain. Dia memiliki sebuah jubah yang dicelup dalam kunyit yang kadang-kadang dia kenakan saat dia memimpin sholat. 

Baca juga info : info kursus bahasa inggris

Dia kadang hanya mengenakan pakaian single-piece. Dia memiliki pakaian felted yang biasa dia pakai mengatakan: "Saya hanya seorang budak. Saya berpakaian seperti budak. "Dia memiliki dua pakaian khusus untuk hari Jumat, selain pakaian yang dikenakannya pada waktu lain.
Terkadang dia hanya memakai pinggang-bungkus, mengikat kedua ujung di antara bahunya, dan berpakaian seperti itu, terkadang dia memimpin orang-orang dalam doa pemakaman. Terkadang ia berdoa di rumahnya dengan mengenakan bungkus pinggang tunggal, mengikat kedua ujungnya melintang. Kadang-kadang dia berdoa pada malam hari dengan bungkus pinggang, membungkus dirinya dengan bagian akhir dari garmen, yang ada dalam jangkauannya, dan meletakkan sisanya di atas istrinya.
Baca juga info : info biaya kursus bahasa inggris
Nabi Suci (S) memiliki jubah hitam yang dia berikan. Kemudian Umm Salamah berkata: "Semoga ayah dan ibuku menjadi tebusanmu! Apa yang terjadi dengan jubah hitam itu? "Dia menjawab:" Saya berpakaian seseorang dengan itu. "Kemudian dia berkata:" Saya tidak pernah melihat apapun yang lebih dari putih Anda terhadap kegelapannya. "

Anas berkata, "Kadang kala saya melihatnya memimpin kita dalam sholat Dhuhr dengan mengenakan jubah, kedua ujungnya diikat menjadi simpul." Dia biasa memakai cincin di jarinya ... dan kadang menggunakannya untuk meletakkan meterai. pada surat yang mengatakan: "Meterai pada surat itu lebih baik daripada dugaan."

Dia biasa memakai topi di bawah sorbannya dan (kadang-kadang) tanpa sorban. Kadang dia melepaskan topinya dan membuatnya menutupi di hadapannya dan berdoa menghadapinya. Kadang-kadang, ketika dia tidak memiliki sorban, dia mengikatkan sehelai kepala hitam ke kepala dan dahi. Dia memiliki sorban yang disebut al-Sahab (awan), yang dia berikan kepada Ali (as). Kadang-kadang Ali (as) pergi mengenakannya, dan Nabi Mulia (S) akan berkata: "'Ali datang kepada Anda di awan."

Saat berpakaian, dia mulai berpakaian dari sisi kanannya sambil berkata:

أَلْحَمْدُ لِلٌّهِ الَّذِي كَسَانِي مَا أُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَ أَتَجَمَّلُ بِهِ فِي النَّاسِ

"Segala puji bagi Allah yang berpakaian dengan apa yang saya sembunyikan dari ketelanjangan saya dan dengan itu saya menghiasi diri saya di antara orang-orang. "

Saat melepas pakaiannya, dia memulai dengan melepasnya dari sisi kirinya. Ketika dia mengenakan pakaian baru, dia memberikan pakaian lamanya kepada orang miskin dengan mengatakan: "Tidak ada seorang Muslim yang memborgol seorang Muslim lain dengan pakaian usangnya untuk kepentingan Allah, tapi dia (pemberinya) berada di bawah perwalian, perlindungan , dan perlindungan Allah, sementara hidup atau mati. "

Dia memiliki seperai kulit, yang diisi dengan serat kelapa. Panjangnya kira-kira dua hasta dan lebarnya kira-kira satu hasta dan bentang. Dia memiliki jubah yang bisa dilipat menjadi dua dan tersebar di bawahnya dimanapun dia berada. Dia (S) biasa tidur di atas tikar tanpa ada yang lain di bawahnya.

Salah satu kualitas Nabi Suci (S) adalah bahwa dia akan memberi nama binatang, senjatanya dan barang-barangnya. Nama spanduknya adalah 'al-'Iqab', nama pedangnya yang dengannya dia menghadapi peperangan adalah 'Dhu' l-Faqar. 'Dia memiliki pedang yang disebut' al-Mikhdham ', yang lain memanggil' al- Rusub 'dan satu lagi disebut' al-Qadhib. '

Pegangan pedangnya dihiasi dengan perak dan dia biasa memakai sabuk yang terbuat dari kulit yang memiliki tiga cincin perak. Nama busurnya adalah 'al-Katum', dan nama bergetarnya adalah 'al-Kafur.' Nama unta betinanya adalah 'al-Qaswa' dan unta inilah yang disebut 'al-'Adhba . 'Nama bagalnya adalah' al-Duldul '. Nama keledainya adalah 'Yafur' dan nama domba betina yang dia minum adalah 'Ainah.'


Dia memiliki mangkuk yang terbuat dari tanah liat yang dipanggang yang dia gunakan saat wudhu dan akan (juga) minum darinya. Orang-orang mengirim anak-anak mereka yang baru mencapai usia pemahaman, jadi mereka mendatangi Nabi Suci (S) dan tidak meninggalkannya. Ketika mereka menemukan air di mangkuk, mereka meminumnya dan menyeka wajah dan tubuh mereka dengan harapan, dengan harapan bisa menerima berkat ini.1

2. Telah diceritakan bahwa turbannya adalah (panjang) tiga atau lima gulungan

3. Di al-Awali: Diriwayatkan bahwa dia (S) memiliki serban hitam yang dia kenakan saat sholat

4. Dalam al-Ja'fariyat: Dalam riwayatnya dari Ja'far ibn Muhammad, dari nenek moyangnya dari 'Ali (as) yang mengatakan: Nabi Mulia (S) biasa memakai topi bergaris-garis ... dan dia memiliki mantel surat yang disebut 'Dhat al-Fudhul' yang memiliki tiga cincin perak, satu di depan dan dua di belakang

5. Dalam al-Makarim: Dengan kualitas pakaian Nabi Suci: Nabi Suci (S) akan mengenakan 'shamlah' dan 'namirah'5 dan warna hitam' namirah 'akan kontras dengan baik dengan putih dari gubuk dan kakinya.6

6. Di al-Awali: Nabi Suci (S) biasa berdoa dengan pakaian yang luas.7

7. Dari al-Karajiki di Kanz al-Fawa'id: Nabi (S) memiliki dua pakaian tenun terutama untuk shalat, yang tidak akan dia pakai pada waktu lain. Dia akan (selalu) mendesak pengikutnya dan menginstruksikan mereka untuk menjaga kebersihan.8

8. Di al-Kafi: Diriwayatkan dari Abi Basir dari Abi 'Abdillah (as) yang mengatakan: Amir al-Mu'minin (as) berkata: "Pakailah pakaian dari kapas, karena ini adalah pakaian Nabi Suci (S) dan itu adalah pakaian kita (pilihan).

9. Dari al-Saduq di al-Khisal: Dalam riwayatnya dari 'Ali (as) yang berkata: "Pakailah pakaian katun untuk ini adalah apa yang dipakai oleh Nabi Mulia (S) dan dia tidak akan pernah memakai bulu atau wol kecuali disana adalah alasan bagus (untuk melakukannya).
Catatan: al-Saduq meriwayatkan hadis ini di al-Khisal tanpa menyebutkan rantai perawi, seperti halnya al-Safwani dalam al-Ta'rif.11 Kita telah melihat di bagian kedua (mengenai hubungannya dengan orang-orang) bahwa Nabi ( S) kadang-kadang memakai pakaian wol tapi hadits ini menjelaskan bahwa dia pasti akan melakukannya dengan alasan yang bagus (jadi tidak ada kontradiksi).

10. Di al-Manaqib: Nabi Suci (S) memiliki sabuk yang terbuat dari kulit kecokelatan yang memiliki tiga cincin perak dan gesper dan ujungnya juga terbuat dari perak. Dia juga minum secangkir minuman yang telah dihiasi tiga hiasan perak.

11. Dalam al-Ja'fariyat: Dalam riwayatnya dari Ja'far ibn Muhammad, dari nenek moyangnya dari 'Ali (as): Selubung pedang Noble (terbuat dari perak) dari perak dan pegangannya adalah dari perak dan di antaranya adalah cincin yang terbuat dari perak.

12. Dalam al-Faqih: Dalam riwayatnya dari Isma'il ibn Muslim dari al-Sadiq dari ayahnya (as) yang mengatakan: Nabi Suci (S) memiliki staf pendek yang memiliki ujung besi di ujung bawahnya. Dia akan menggunakannya sebagai tongkat dan bersandar di atasnya. Pada hari kedua dia akan keluar dengan itu dan akan menyimpannya di depannya saat dia berdoa.

Catatan: Ini juga telah disebutkan di al-Ja'fariyat.

13. Di al-Makarim: Diriwayatkan dari Hashim ibn Salim dari Abi 'Abdillah (as) yang mengatakan: Cincin Nabi Suci (S) terbuat dari perak.

Catatan: Hadis ini juga memiliki rantai perawi lain dan telah disebutkan di Qurb al-Isnad.

14. Juga: Diriwayatkan dari Abi Khadijah yang mengatakan: Batu yang ditempatkan di ring harus melingkar. Begitulah cincin Nabi Suci itu.

15. Juga: Diriwayatkan dari 'Abdillah ibn Sinan dari Abi' Abdillah (as) yang mengatakan: Prasasti pada cincin Nabi saw. Berbunyi 'Muhammad adalah Rasul Allah.

16. Dari al-Saduq di al-Khisal: Diriwayatkan dari 'Abd al-Rahim ibn Abi al-Bilad dari Abi' Abdillah (as) yang mengatakan: Nabi Suci (S) memiliki dua cincin. Pada satu tertulis 'Tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah' dan di sisi lain (tertulis) 'Allah telah menyatakan kebenaran.

17. Di al-Kafi: Diriwayatkan dari al-Husayn ibn Khalid dari Abi al-Hasan al-Thani (as) - dalam sebuah hadis - bahwa Nabi Suci (S), Amir al-Mu'minin, al-Hasan, al -Husayn dan (semua) para imam (as) akan memakai cincin mereka di sebelah kanan.

Catatan: Ada riwayat yang sama di al-Kafi dari rantai perawi yang berbeda, dengan sedikit perbedaan tentang prasasti di ring. al-Saduq dan yang lainnya juga telah meriwayatkan hadits ini. al-Kulayni telah lebih jauh menceritakan bahwa 'Ali, al-Hasan, al-Husain dan beberapa imam lainnya (as) mengenakan cincin di tangan kiri.22 Tidak ada masalah dalam menyimpulkan bahwa mereka akan memakai cincin di kedua tangan, atau bahwa itu Akan dipakai di tangan yang berbeda pada waktu yang berbeda, tapi ini belum pernah diceritakan tentang Nabi Mulia (S). Namun, al-Kulayni telah diriwayatkan di al-Kafi: Narasi dari 'Ali ibn' Atiyya dari Abi 'Abdillah (as) yang mengatakan: "Nabi Suci (S) biasa memakai cincin hanya sesekali dan kemudian dia akan menerimanya. off.

18. Di al-Makarim: Dari al-Sadiq (as) dari 'Ali (as) yang berkata: Para nabi akan mengenakan kemeja mereka sebelum (mengenakan) celana mereka.

Catatan: Ini juga telah diriwayatkan dalam al-Ja'fariyat.

Tambahan untuk Bab ini

1. Di al-Makarim: Dari Ma'mar ibn Khallad dari Abi al-Hasan al-Rid'a (as) - dalam nasihat Nabi Suci kepada Abu Dzar dia berkata: "Hai Abu Dzar! Saya memakai pakaian kasar, saya duduk di tanah, saya menjilati jari-jari saya (setelah makan), saya naik keledai tanpa pelana dan membawa seseorang bersamaku, jadi orang yang tidak menyukai sunnah saya bukan dari saya. "

Catatan: Ini juga telah diriwayatkan oleh Syaikh Abu Faras di Majumu'at Warram.
Baca juga info : daftar kursus inggris pare

2. Juga: Dari Abi 'Abdillah (as) yang mengatakan: Nabi (S) biasa mengenakan topi putih bergaris. Saat dalam pertempuran, dia (S) mengenakan topi dengan dua sisi.

3. Di al-Khisal: Dari Muhammad ibn Ahmad ibn Abi 'Abdillah al-Barqi dalam ceritanya dari Abi' Abdillah (as) yang mengatakan: Nabi Suci (S) biasa tidak menyukai hitam kecuali dalam tiga hal: sorban, sepatu dan jubahnya.

Catatan: Ini juga diriwayatkan oleh al-Kulayni di al-Kafi dan al-Saduq di al-Faqih dan al-'lal.

4. Di al-Makarim: Dari Abi Ja'far (as) yang berkata: Dari sunnah pakai sepatu yang tepat sebelum yang kiri dan untuk melepas sepatu kiri sebelum yang benar.

5. Juga: Dari Abi 'Abdillah (as) yang berkata: Lepaskan sepatumu sambil makan, karena ini lebih santai untuk kakimu dan itu adalah sunnah yang indah.

6. Juga: Dari Abi 'Abdillah (as) yang berkata: Dari sunnah pakai sepatu hitam dan sandal kuning.

7. Juga: Dari Abi 'Abdillah (as) yang berkata: Linen berasal dari pakaian para nabi.

8. Dalam Da'aim al-Islam: Dari Abi 'Abdillah dari nenek moyangnya (as) dari Nabi Suci (S) bahwa dia tidak menyukai pewarna merah pada pakaian.

9. Dalam al-Faqih: Dari Muhammad bin Qays dari Abi Ja'far Muhammad ibn 'Ali al-Baqir (as) yang mengatakan: Dia (S) memiliki sebuah tenda yang disebut' al-Kinn '(tempat penampungan) .

10. Di al-Manaqib: Nabi Mulia (S) akan mengenakan pakaian kemerahannya pada hari Jumat dan dia akan memakai sorban 'al-Sahab.' Ketika dia memasuki Makkah pada hari penaklukan, dia telah mengenakan serban hitam. Dia memiliki sebuah kotak di mana dia akan menyimpan sisir gading, wadah kohl, gunting dan satu siwak ... dan dia meninggal dengan pinggang pinggang kasar dan sebuah jubah bernama 'al-Malbadah.'

Dia memiliki tempat tidur yang diberikan kepadanya oleh Asad ibn Zurarah. Mimbarnya memiliki tiga anak tangga dan dibuat dari kayu asongan tamarisk, oleh seorang tukang kayu bernama Maymun. Masjidnya tidak memiliki menara dan Bilal biasa membacakan adzan sambil berdiri di tanah.

11. Di al-Kafi: Dari Ibn al-Qaddah dari Abi 'Abdillah (as): Nabi Suci (S) memiliki pakaian yang dicelup yang dia (selalu) kenakan saat berada di rumah sampai (pewarna pakaian) mempengaruhi nya tubuh.

12. Juga: Dari Abi Ja'far (as) yang mengatakan: "Kami akan mengenakan pakaian berwarna kuning kekuningan di rumah.

13. Di al-Bihar: Dari Risalat al-Jumu'ah dari Shahid al-Thani: Nabi Suci (S) memiliki pakaian khusus yang dikenakannya pada dua kelopak mata dan pada hari Jumat, selain pakaian biasa lainnya.

14. Juga: Nabi (S) memiliki pakaian hijau Yaman di mana dia akan tidur.

15. Di al-Bihar dari al-Kafi: Dalam riwayatnya dari Abi 'Abdillah (as) yang mengatakan: Nabi Suci (S) memiliki dua kain Yaman yang akan dipakainya sebagai Ihram dan ini juga digunakan sebagai kain kafannya.

16. Juga: Ketika Nabi Suci memimpin sebuah delegasi, dia akan mengenakan pakaian terbaiknya dan dia akan memberitahu rekan-rekannya untuk melakukan hal yang sama.
Baca juga info : Info kampung inggris pare

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program di Kampung Inggris Pare

Belajar di A.S Adalah Investasi Pribadi

Belajar Bahasa Inggris